Wajah Hitam Kebiruan, Apa Penyebabnya?

wajah bebas flek hitam

Sel pembentuk warna kulit (melanosit) jumlahnya sangat banyak, menghasilkan sel warna kulit (melanin) yang snagat banyak pula, dan terletak di kulit dalam (dermis) sehingga warnanya hitam kebiruan. Secara awam, termasuk jenis tahi lalat datar berukuran besar bawan lahir, dan dari riwayat bisa menghilang sebagian. Maka kemungkinannya ialah congenital dermal melanosis, mungkin juga nevus ota atau nevus ito. Jenis kelainan kulit ini biasanaya tidak bertambah lebar atau bertambah hitam (tidak hidup). Hingga kini belum diketahui secara pasti penyebabnya.

Memang pengobatan terbaik saat ini adalah dengan laser yang biayanya jutaan rupiah sekali datang, karen harga alatnya sangat mahal, dan hanya ada di beberapa kota besar. Bila ditanya apakah bisa berubah menjadi kanker, semua tahi lalat ada kemungkinan berubah menjadi ganas kalau selalu kena trauma/gangguan yang terus menerus dan lama, misalnya terus terpajan sinar matahari atau kena bahan kimia. Jadi yang penting hindari terkena sinar matahari langsung pada bagian kulit yang menghitam dengan memakai baju panjang dan payung/topi, jangan digosok-gosok. Hindari memakai kosmetik termasuk pemutih. Kontrol secara teratur sekitar 6 bulan sekali pada dokter spesialis kulit.

Segera berobat jika bercak menjadi tidak rata warnanya, bertambah lebar secara cepat, gatal, mudah berdarah, atau terjadi luka yang tak kunjung sembuh.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *