Penyebab Tanda Merah di Wajah

port-wine_stain_on_infant

Tanda merah yang ada sejak lahir kemungkinan besar adalah pembuluh darah kecil pada kulit yang melebar dan berkelompok, dalam istilah medis disebut hemangioma. Kalangan awam menyebutnya tanda lahir. Sebenarnya hemangioma hanya salah satu bentuk tanda lahir yang banyak macamnya, ada juga yang kehitaman atau kebiruan karena berasal dari pigmen warna kulit. Penyebabnya sampai sekarang belum diketahui. Kelainan ini umumnya tidak menurun pada anak dan sama sekali tidak menular.

Hemangioma tidak dapat dihilangkan dengan krim yang dioleskan. Krim pemutih bekerja menghambat pembentukan pigmen warna kulit (melanin) yang kecoklatan atau kehitaman, dan tidak mempengaruhi pembuluh darah. Hemangioma saat ini bisa dihilangkan dengan laser yang langsung merusak pembuluh darah berlebihan, tanpa merusak jaringan kulit sekitarnya. Jadi sangat aman bila dilakukan oleh dokter ahli yang berpengalaman. Tetapi sayangnya karena alat berteknologi tinggi khusus ini masih dibuat di luar negeri, Indonesia hanya pemakai, maka harganya sangat mahal. Laser unuk pengobatan hemangioma hanya ada di beberapa rumah sakit kota-kota besar di Indonesia atau klinik swasta terbatas.

Bagi yang merasa keberatan dari segi biaya, cukup dengan membersihkan kulit wajah seperti biasa.jika perlu, bagian yang kemerahan bisa disamarkan dengan mengoles krim concealer (penyamar noda) yang bisa dibeli di toko kosmetik. Setelah itu bubuhkan lotion tabir surya (minimal SPF 15) ke seluruh wajah untuk melindungi dari sinar matahari. Segera kedokter bila hemangioma mudah berdarah, berubah warna, gatal, atau terasa sakit.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *