Pengobatan Tepat Vitiligo

 

Vitiligo-20151120032238430

Pengobatan vitiligo umumnya memerlukan waktu yang lama, dan berbeda untuk tiap orang. Ada yang beberapa bulan warna kulitnya sudah kembali sama dengan sekitar, ada pula yang sampai tahunan bahkan puluhan tahun. Pada vitiligo, pigmen warna kulit yaitu melanin, tidak terbentuk, sel-sel pembuat warnanya tidak bekerja karena diserang oleh tubuh sendiri. Peyebabnya sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Ada dua kemungkinan penyembuhannya. Kalau masih ada sel-sel pigmennya pada kulit/rambut, insya Allah bisa sembuh. Tetapi kalau sel pigmennya tidak ada lagi, maka warna kulit tidak bisa kembali normal. Ada tidaknya pigmen bisa diketahuidari pemeriksaan potongan kulit dengan mikroskop (pemeriksaan histopatologik). Fasilitas ini hanya ada di rumah sakit umum pusat provinsi, dan biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit bila pengobatan jangka lama tidak memperlihatkan kemajuan.

Untuk vitiligo yang sedikit, umumnya dipakai obat oles, termasuk jenis kortikosteroid. Ada juga jenis obat oles lain yang lebih keras berupa bahan iritan yaitu bergamot dan psoralen. Cara lainnya dengan suntikan kortokosteroid langsung pada bercak vitiligonya, 1-2 kali seminggu; untuk anak, bukanlah pilihan karena nyeri. Untuk vitiligo yang luas, sedang diteliti penggunaan sinar ultraviolet buatan. Tapi efek sampingnya perlu diperhatikan, apalagi pada anak, karena penggunaaan sinar ultraviolet jangka lama bisa menimbulkan kanker kulit. Pengobatan lain dengan memutihkan seluruh kulit dengan obat turunan psoralen, kalau vitiligonya sangat luas sehingga lebih dari separuh luas kulit tubuh terkena (kulit normal lebih sedikit dari vitiligo). Untuk vitiligo yang sedikit tapi tidak bisa sembuh, dapat ditutupi dengan kosmetik penutuk noda sewarna kulitĀ  (concealer).

Rambut putih di kepala juga vitiligo. Karena warna kulit dan rambut terbuat dari pigmenyang sama yaitu melanin, Cuma jumlahnya berbeda, pada rambut sangat banyak sehingga jadi hitam. Kalau ada gangguan pada melanin, rambut juga bisa kena.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *