Mengatasi Flek Hitam di Wajah

hqdefault

Banyak faktor pencetus flek hitam di wajah,antara lain, faktor hormonal (hamil, kontrasepsi hormonal), kosnetika dengan pewarna dan pewangi (pemerah pipi), sinar matahari, dll. Untuk menghilangkan flek hitam di wajah yang timbul akibat sinar matahari, bisa dicoba dengan pencerah warna kulit yang diizinkan dan beredar di pasaran. Misalnya yang mengandung Bengkoang, akar manis (liconce), mulbery, BHA (beta hidroxy acid), HA (alfa hidroxy acid), asam kojik, dll.

Jika belum berhasil, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kulit, biasanya akan diberikan zat pemutih hidrokinon 4-5% yang dipakai malam hari dengan pengawasan dokter. Dengan pengobatan tersebut flek hitam insya Allah akan memudar dalam waktu 3-6 bulan atau lebih, tidak bisa secepat sulap! Yang paling penting untuk menghindari dan mencegah munculnya flek, sebaiknya hindari sinar matahari secara langsung antara jam 9 pagi sampai jam 16. Caranya bisa dengan memakai payung, topi dengan daun lebar (minimal 15 cm), dan mengoleskan krim atau lotion pelindung matahari/tabir surya/sunscreen/sunblock ke seluruh wajah. Tabir surya yang dianjurkan untuk orang Indonesia yang mengandung SPF (sun protecting factor) 15 atau lebih.

SPF 15 artinya bila memakai krim tersebut diharapkan kulit tahan 15 kali lebih lama untuk tidak terbakar matahari dibandingkan dengan kulit yang tidak memakai tabir surya. Kulit orang Indonesia rata-rata terbakar matahari dalam 20 menit, maka dengan memakai SPF 15 kulit terlindung dari sinar matahari selama sekitar 300 menit. Atau bisa juga dikatakan, dengan memakai SPF maka sinar matahari yang masuk ke kulit hanya 1/15nya. Kalau terkena air atau banyak keringat, sebaiknya pemakaian tabir surya diulang tiap dua jam.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *