Hernia

hernia

Hernia bisa diderita oleh laki-laki maupun perempuan. Hernia terjadi karena ada lubang pada jaringan ikat daerah sela paha (tentu di dalam) yang menghubungkan rongga perut dengan daerah kelamin. Karena ada lubang, maka sewaktu-waktu usus bisa turun ke rongga perut, kalau perempuan menuju bibir kemaluan, sedangkan laki-laki umumnya ke kantong zakar.

Gejalanya, bibir kemaluan atau kantong zakar akan membesar kalau banyak berdiri, beraktifitas atau mengejan, karena tekanan pada rongga perut meningkat sehingga usus terdesak ke luar melewati lubang tadi. Kalau penderita tiduran, biasanya usus yang turun tersebut akan masuk kembali ke rongga perut, maka benjolan di daerah kelamin akan hilang, kempes, normal seperti semula. Jadi, benjolan atau besar sebelahnya hilang timbul, tidak terus menerus.

Yang berbahaya jika usus yang turun terjepit dan tidak bisa kembali lagike rongga perut, merupakan keadaan darurat akut yang bisa membahayakan jiwa, harus dilakukan operasi secepatnya. Kalau memang benar hernia, dokter umumnya menganjurkan operasi penutupan lubang, yang merupakan operasi sedang, sekitar 15-30 menit dengan bius umum. Umumnya hasilnya memuaskan dan tidak membesar lagi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *