Cara Menghilangkan Komedo

tips-menghilangkan-komedo-secara-alami

  1. Cara menghilangkan komedo tertutup adalah dibuka dulu dengan jarum steril dan setelah itu dikeluarkan dengan alat khusus untuk mengeluarkan komedo (komedo ekstraktor) yang juga steril. Kulit harus dalam keadaan bersih dan sebaiknya dilakukan oleh ahlinya (dokter atau perawat atau tenaga terlatih).
  2. Komedo hitam (black head comedo), terlihat seperti titik-titik hitam pada pori-pori kulit wajah. Komedo jenis ini umumnya dihilangkan dengan tindakan facial di salon kecantikan. Atau bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Caranya, pertama-tama bersihkan kulit wajah dengan susu pembersih diikuti dengan sabun wajah (PH 5,5 = PH seimbang) dan dibilas dengan air sampai bersih. Setelah itu wajah diuapi di atas baskom berisi air panas yang masih beruap (bukan mendidih) selama 5-10 menit. Dianjurkan tutup kepala dengan handuk. Tujuan tindakan ini untuk membuka pori kulit sementara waktu, supaya komedo mudah dikeluarkan, dan tidak meninggalkan bekas. Setelah itu baru komedo dikeluarkan (dipencet pelan) dengan alat komedo ekstarktor yang sebelumnya sudah direndam dulu dengan alkohol 70%. Jangan dipaksa jika komedo tidak mau keluar. Setelah itu oleskan astringent atau face tonic atau alkohol 70% untuk mencegah infeksi.

Mencegah timbulnya komedo dapat dilakukan dengan rajin dan teratur membersihkan kulit wajah serta mengurangi makanan berlemak, stres emosional, dan lingkungan berpolusi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *