Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Setelah Haid

unduhan (1)

 Wanita memang mengalami timbul jerawat menjelang haid, terutama mereka yang jenis kulitnya berminyak. Sekitar seminggu sebelum haid terjadi peningkatan kadar hormon progesteron yang dominan sehingga aktivitas kelenjar lemak juga meningkat yang menyebabkan peradangan hingga terjadi jerawat.

Timbulnya jerawat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain, keturunan, kejiwaan (stres emosional), makanan, lingkungan, alergi, perawatan yang salah, buang air besar tidak teratur, dll. Perlu diketahui, setiap peradangan berpotensi untuk meningkatkan bekas. Oleh sebab itu, jerawat yang sedang merah dan meradang jangan sekali-kali dipencet, sebab bisa menyebabkan bekas hitam, bahkan berlubang yang sulit sekali menghilangkannnya.

Jika menderita jerawat batu yang tidak ada matanya, sebaiknya datanglah ke dokter kulit. Biasanya akan diberikan suntikan kortikosterid ke dalam jerawat. Insya Allah dalam 2-3 hari akan sembuh tanpa meninggalkan bekas. Jika sudah terlanjur menghitam dan tidak meradang lagi, bisa coba dibersihkan dengan memakai masker/lulur seminggu, disertai dengan membersihkan wajah yang teratur setiap hari. Perubahan baru terlihat setelah 3-6 bulan. Jika belum berhasil juga sebaiknya ke dokter kulit.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *